e-Brosur Pengadilan Agama Sei Rampah

ebrosur alur mediasi 01ebrosur alur gugatan sederhana 01ebrosur alur pengaduan 01ebrosur panjar biaya perkara 01

1205 ghifar3

Sei Rampah | pa-seirampah.go.id
Bertempat di Musholla Pengadilan Agama Sei Rampah, Pimpinan dan Pegawai mengikuti kegiatan Halal bi Halal dengan penceramah Ghifar Afghany, S.Sy. Hakim Pengadilan Agama Sei Rampah (Kamis, 12 Mei 2022).

    Dalam tausyiahnya, Ghifar Afghany menyebutkan bahwa halal bihalal merupakan tradisi sangat baik dan tidak bisa lepas dari budaya warga Indonesia ketika momen lebaran atau Idul Fitri. Layaknya manusia yang kembali fitri setelah melewati pendidikan islami di bulan Ramadhan kini tibanya ummat muslim mensucikan diri dengan bersilaturrahim mengunjungi sanak saudara secara tatap muka maupun virtual untuk saling memaafkan.

    “Idul Fitri bermakna kembali kepada fitrah atau kesucian, setelah sebulan dilatih dalam bulan Ramadhan, agar kembali suci maka diharapkan kita saling memaafkan,” jelas Hakim asal Tasikmalaya ini.

    Kini, halal bihalal mulai dilestarikan, Pimpinan, Para Hakim, para Pejabat dan pegawai Pengadilan Agama Sei Rampah sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ditambah dengan penyampaian tausiyah yang sangat menarik.

    Ghifar Afghany menjelaskan bahwa Silaturrahim dapat memperkuat tali persaudaraan, sebagaimana setiap orang yang berselisih, maka hendaklah didamaikan, inilah ciri orang yang bertaqwa dan akan menjadi orang yang beruntung, Mereka yang memutus tali silaturrahim, tidak akan mencium wangi surga.
    “Dalam tuntunan agama kita sudah sangat jelas, bahwa setiap orang hendaknya menjalin silaturrahmi dan dilarang untuk memutus tali persaudaraan,” sebut Ghifar Afghany, S.Sy.

    Selain itu, Hakim muda ini menjelaskan bahwa dengan membudayakan silaturrahim maka akan menumbuhkembangkan sikap ihsan yang artinya sikap berbuat adil kepada siapapun, termasuk kepada orang yang kita benci dan dendam, Hal ini akan mempola karakter kita lebih sabar dan berbesar hati terhadap orang yang kita benci sekalipun.

    Menutup uraiannya, Ghifar Afghany mengingatkan bahwa kegiatan halal bihalal menjadi aktualisasi dari ibadah shaum, supaya kita menjadi orang yang bertaqwa dengan memperbanyak silaturrahim, maka rezeki akan menyusul kepada pemiliknya yang rajin bersilaturrahim kepada sesama, hal ini juga dimaksudkan agar kinerja kita di Kantor Pengadilan Agama Sei Rampah dapat ditingkatkan.

    Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Sei Rampah, Sarifuddin, S.H.I., mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dan merasa bersyukur dapat bertemu dengan seluruh pegawai dengan keadaan sehat dan penuh kegembiraan di bulan Syawal.
    “Sebagai Pimpinan dan pribadi, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh pegawai, dengan harapan momen lebaran ini, kita akan kembali kepada fitri.” Ucap Sarifuddin. (armi/tim redaksi)

  • Banner-Pelantikan-Bu-Yuliza-01.png
  • Banner-Pelantikan-Pak-Syarifuddin-01.png
  • duka-bu-patimah.jpeg
  • Duka-cita-ayahanda-ibu-Yuliza-01.png